Portugal Kampiun Liga Bangsa-Bangsa UEFA Edisi Perdana

Portugal Kampiun Liga Bangsa-Bangsa UEFA Edisi Perdana

PORTO – Portugal mencapai titel juara UEFA Nations League 2019 alias Liga Bangsa-Bangsa UEFA edisi pertama -setelah menaklukkan Belanda dengan score tipis 1-0. Gol Goncalo Guedes di set ke-2 jadi pembeda.

Menyandang predikat jadi tuan-rumah kompetisi yang baru digagas UEFA pada 2018 ini, Portugal mendapatkan suport penuh dari supporter yang memadati Estadio do Dragao, Porto, Senin (10/6/2019). Posisi serang Portugal didukung Cristiano Ronaldo yang baru kembali sesudah 11 bulan mangkir menguatkan negaranya.

Walau demikian, Ronaldo tidak keluar jadi pahlawan seperti banyak laga yang sudah dia jalani di level club. Karena, bek muda Belanda, Matthijs de Ligt, kapten Virgil van Dijk sering mematahkan serangan-serangan yang dibuat Ronaldo.

Kebuntuan Portugal baru pecah pada menit ke-60 sesudah Goncalo Guedes menjebol gawang Belanda manfaatkan umpan Bernardo Silva yang lahir dari ketegangan di muka gawang De Oranye. Gol itu jadi hanya satu yang lahir dalam pertandingan final kesempatan ini.

Baca Juga : Samai Rekor Pembelian Bale, Hazard Diperkenalkan Madrid Kamis Depan

Di bekas laga, Ronaldo dibikin tidak berkapasitas oleh permainan ngotot De Ligt. Sedang Belanda sendiri sebenarnya semakin banyak mendesak serta kuasai bola, tapi tetap kesusahan dalam penyelesaian akhir.

Buat Portugal, walau hanya menang tipis, gelar ini bukan hanya menandai riwayat baru mereka di arena Liga Bangsa-Bangsa. Tapi, trofi ini sekaligus juga pelengkap keberhasilan mereka memenangkan Piala Eropa 2016 kemarin.

Penambahan, sebelum laga ini Inggris menaklukkan Swiss dalam pertandingan persaingan perebutan tempat ke-3 yang seringkali dimaksud laga hiburan. Walau hanya pertandingan penghibur, laga itu berjalan alot hingga Inggris baru dapat hentikan perlawanan Swiss melalui beradu penalti.

Formasi Pemain

Portugal (4-3-3): 1-Rui Patricio; 6-Jose Fonte, 5-Raphael Guerreiro, 20-Nelson Semedo, 4-Ruben Dias; 14-William Carvalho, 13-Danilo, 16-Bruno Fernandes; 10-Bernardo Silva, 7-Cristiano Ronaldo, 17-Goncalo Guedes

Belanda (4-3-3): 1-Jasper Cillessen; 17-Daley Blind, 4-Virgil van Dijk, 22-Denzel Dumfries, 3-Matthijs de Ligt; 8-Georginio Wijnaldum, 15-Marten de Roon, 21-Frenkie de Jong; 9-Ryan Babel, 10-Memphis Depay, 7-Steven Bergwijn