Pelatih Portugal Beber Rahasia Jinakkan Belanda

Pelatih Portugal Beber Rahasia Jinakkan Belanda

PORTO – Estadio do Dragao, Senin (10/6/2019) dini hari, jadi saksi kekuatan Portugal saat melulutkan Belanda di final Liga Bangsa Bangsa UEFA. Pelatih Fernando Santos juga memaparkan rahasia team garapan dapat angkat trofi di kompetisi yang baru pertama kali diadakan itu.

Sukses Portugal menaklukkan Belanda dengan mematikan gerakan Frankie de Jong. Pemain muda ini, kata Santos, merupakan kunci permainan Team Oranye.

“De Jong main normal di samping kiri lebih dekat sama Bruno Fernandes. (Marten) de Roon main lebih dekat sama (William) Carvalho. Kami mengerti kualitas gelandang team Belanda serta De Jong ini, seseorang inisiator hebat dengan kekuatan besar,” papar Santos.

“Kami ketahui jika kami batasi pergerakannya, kami akan dapat main bebas. Petunjuk saya pada pemain merupakan mainkan bola kapan juga mereka memilikinya serta menyamakan pertahanan dengan mengamati gerakan De Jong.”

Baca Juga : Portugal Kampiun Liga Bangsa-Bangsa UEFA Edisi Perdana

Dengan kesuksesan ini Santos akan tertera jadi pelatih pertama yang dapat bawa team jadi kampiun. Tetapi dia tidak ingin jika sukses ini sebab kedahsyatan dianya seseorang. “Ini merupakan edisi pertama kompetisi. Saya meyakini kompetisi ini bisa menjadi classic. Semua Eropa akan main serta memenangi edisi pertama merupakan satu keceriaan. Itu tertera dalam riwayat.”

“Saya tidak senang bicara mengenai diri kita sendiri. Pekerjaan saya harus dipandang oleh orang, oleh Anda jurnalis, oleh beberapa fans. Apa yang akan diambil dari pekerjaan saya merupakan cinta yang dirasa saat saya jalani kehidupan seharian.”

Serta Santos rasakan kemenangan semacam itu di kandang akan tinggalkan warisan kekal pada olah raga di bangsanya. “Ini akan tinggalkan sinyal besar pada sepak bola Portugal untuk main di final ini. Piala Dunia tidak berjalan seperti yang kita harap tapi team ini menandai hari esok,” lebih pelatih berumur 64 tahun itu.

“Hari esok berada di sini. Bila kita lihat kembali pada tahun 2016, sejumlah besar team cemerlang ini telah tidak lagi ada di sini. Ini merupakan proses yang berkepanjangan serta bicara mengenai apakah itu sepak bola Portugal. Kami tidak mempunyai dana untuk jaga mereka (pemain top) di Portugal. Mereka menyebar di semua Eropa, tapi hari esok sepak bola Portugal masih aman.”