Kembali Rebut Takhta, Pelatih Valverde Sanjung Alena-Dembele

Kembali Rebut Takhta, Pelatih Valverde Sanjung Alena-Dembele

Agen bola online _ BARCELONA – Barcelona sukses merebut kembali kekuasaan di Primera Liga setelah mengalahkan Villarreal di Camp Nou. Ini membuat pelatih Ernesto Valverde memuji determinasi para pemainnya, terutama talenta muda. Barcelona tidak menyia-nyiakan dukungan fans setia yang hadir di stadion berkapasitas 99.787 kursi itu.
Baca juga : Koke: Atletico Madrid Terlalu Sering Main Imbang
Melalui permainan agresif, El Azulgrana memaksa Villarreal takluk 2-0 berkat gol Gerard Pique (36) dan Carles Alena (87), Senin (3/12). Kemenangan ini sangat berarti bagi Barcelona. Ini mengakhiri catatan negatif yang terjadi selama dua laga terakhir di kompetisi domestik.

Klub Katalan itu sebelumnya dipermalukan Real Betis 3-4 dan ditahan Atletico Madrid 1-1. Rangkaian hasil minim itu sempat memaksa Barcelona menyerahkan takhta kepada Sevilla. Tapi, berkat keberhasilan menundukkan Villarreal, pasukan Ernesto Valverde bisa kembali berkuasa.

Namun, pesta Barcelona juga terbantu gagalnya Sevilla mendulang poin penuh. Bertandang ke markas Deportivo Alaves, Los Hispalenses hanya berbagi hasil 1-1. Dengan demikian, Lionel Messi dkk sekarang unggul satu angka dari tim asuhan Pablo Machin itu.

“Kami begitu mendominasi pertandingan di babak pertama. Walau agak kurang dinamis, kami masih bisa mencetak gol lewat Pique. Tapi, di babak kedua, kami kekurangan suplai bola. Kami tidak nyaman bermain seperti itu,” ucap Valverde dilansir skysport. Sesuai ucapan Valverde.

Tuan rumah tampil lebih dominan dibandingkan Villarreal. Nyatanya, penguasaan bola Barcelona mencapai 57%. Mereka melakukan lebih dari 14 upaya, karena tujuh di antaranya menuju sasaran.

Sementara tim tamu cuma mencatat empat percobaan mencetak gol. Itu sebabnya, Valverde memuji permainan pasukannya. Salah satu yang mendapat sanjungan tinggi adalah Alena. Pasalnya, gelandang berusia 20 tahun itu menjadi salah satu kunci sukses Barcelona meski turun sebagai cadangan.

Alena baru tampil pada menit ke-70 menggantikan Arturo Vidal. Hebatnya, sekitar 17 menit kemudian, dia berhasil memaksimalkan assist Messi yang membuat Barcelona memimpin 2-0. Itu membuat Valverde menilai jebolan Barcelona B itu layak bermain secara reguler.

“Alena mencetak gol pertamanya bagi Barcelona. Dia telah melakukan lebih dari cukup untuk bisa masuk tim inti. Dia datang membawa tenaga baru di momen krusial pertandingan,” kata Valverde kepada Marca. Pemain lain yang ikut mendapat pujian Valverde adalah Ousmane Dembele.

Walau gagal mencetak gol, penyerang asal Prancis itu turut berjasa dengan mengirimkan umpan matang kepada Pique. “Penampilannya begitu menonjol pada pertandingan ini. Dia bisa menembak, larinya cepat, dan berani bertindak. Semoga dia dapat mempertahankan permainannya. Karena saya senang dengan performa itu,” kata Valverde.

Pujian Valverde terhadap Dembele tidak berlebihan. Saat bentrok Villarreal, pemain berusia 21 tahun itu berhasil melakukan delapan dribel sempurna dari 10 percobaan. Itu lebih tinggi dari pemain Barcelona lainnya sepanjang musim ini.

Hal itu menunjukkan kalau Dembele sudah lebih dewasa dan matang. Maklum, bekas pemain Borussia Dortmund itu sempat mendapat sorotan akibat rangkaian tindakan indispliner di antaranya sering datang terlambat saat latihan.

Wajar jika Valverde kini merasa optimistis Barcelona bakal punya masa depan cerah. Menurutnya, keberadaan Alena dan Dembele bisa menjadi aset berharga pada kemudian hari. “Dembele salah satu pemain yang paling bersinar dalam laga itu,” kata Valverde.