Liga Bangsa-Bangsa Eropa Siap Digelar, Ini Pembagian Grup dan Jadwal Matchday 1

Liga Bangsa-Bangsa Eropa Siap Digelar, Ini Pembagian Grup dan Jadwal Matchday 1

Agen bola online _ NYON – UEFA Nations League atau Liga Bangsa-Bangsa Eropa mulai digelar 6 September. Sejumlah timnas negara Eropa telah mengumumkan skuat yang akan tampil di kompetisi bentukan Badan Sepak Bola Eropa (UEFA) tersebut.

Ajang ini bertujuan menggantikan sejumlah pertandingan persahabatan yang dinilai kurang efektif dalam memberi perkembangan bagi beberapa timnas Eropa lainnya.  Sebanyak 55 tim nasional negara-negara Eropa ambil bagian di ajang yang juga menjadi kualifikasi Piala Eropa 2020 ini.
Baca juga : Neymar: Saya Tak Akan Pergi dari PSG
Diharapkan bahwa kompetisi ini akan melahirkan laga yang kompetitif sehingga memberikan persaingan memadai antara tim besar maupun tim kecil dari Eropa.

Manfaat dengan adanya kompetisi ini juga akan membantu tim nasional yang kurang terkenal (seperti Latvia) untuk merasakan pertandingan besar dengan menghadapi tim yang berkelas.

Dijadwalkan bahwa pertandingan pembuka kompetisi ini akan dimulai pada 6 September 2018. Sedangkan laga final akan berlangsung pada 9 Juni 2019. Tim-tim akan melakukan laga dan tandang untuk mengumpulkan poin.

UEFA mengatakan dalam sebuah pernyataan: “Pendorong utama Liga Bangsa-Bangsa Eropa (UEFA Nations League) adalah integritas olahraga, karena asosiasi anggota, pelatih, pemain, dan pendukung semakin merasa bahwa pertandingan persahabatan tidak menyediakan kompetisi olahraga yang memadai.”

“Selain itu, kompetisi ini akan membantu UEFA mewujudkan tujuan yang dinyatakan untuk meningkatkan kualitas dan kedudukan sepak bola tim nasional sambil menjaga keseimbangan antara klub dan sepak bola internasional.”

Berikut penjelasan lebih rinci mengenai Liga Bangsa-Bangsa Eropa.

Format
Sebanyak 55 tim nasional Eropa akan dibagi menjadi empat divisi sehingga berbentuk kompetisi ‘Liga’. Kemudian negara-negara itu akan dibagi dalam empat grup yakni 12 tim di Divisi A, 12 tim di divisi B, 15 tim di Divisi C, dan 16 tim di Divisi D

Di setiap divisi terbagi lagi menjadi beberapa bagian, yakni Grup A1, A2 dan A3, begitu juga dengan yang yang ada di Divisi B,C,D.  Divisi A merupakan divisi teratas dalam kompetisi ini. Tim-tim di grup ini akan bersaing untuk menjadi pemenang Liga Negara UEFA. Tim dari Liga B,C,dan juga akan bersaing untuk promosi ke divisi yang lebih tinggi atau menghindari degradasi ke divisi yang lebih rendah.

Babak kualifikasi keempat divisi Liga akan berlangsung saat jeda internasional , yakni pada bulan September, Oktober, dan November 2018. Sementara itu Final Four Divisi A akan berlangsung pada tahun ganjil (2019,2021, dst)  yang berarti tidak akan mengganggu perhelatan Piala Dunia atau kejuaraan Piala Eropa yang selalu jatuh pada tahun genap (Piala Dunia 2022, Piala Eropa 2020)

Lalu, apa itu final four? Babak final four akan berlangsung pada Juni 2019. Pada fase ini, keempat juara grup Liga A1, A2, A3, dan A4 akan saling berhadapan dengan format sistem gugur (semifinal dan final) untuk memperebutkan gelar juara Liga Bangsa-Bangsa Eropa pada Juni 2019. Undian akan dilakukan untuk menentukan tim yang bakal bertanding di babak empat besar.

Bagaimana pengaruh terhadap Kualifikasi Piala Eropa 2020? Format UEFA Nations League memberi pengaruh terhadap tim yang bakal berkompetisi pada Piala Eropa 2020. Kualifikasi Piala Eropa 2020 akan berlangsung pada Maret 2019.

Juara dan runner-up dari masing-masing grup Kualifikasi Piala Eropa 2020 akan lolos otomatis ke putaran final Piala Eropa 2020. Hingga pada akhirnya akan ada empat tiket sisa yang akan diperebutkan melalui babak playoff pada Maret 2020. Di babak playoff ini, akan ada 16 tim yang akan mengambil bagian yang terbagi dalam empat grup yang diisi oleh empat tim di setiap grup.

Diantara tim-tim itu, empat negara sang juara Divisi A,B, C,D National league berhak tampil di babak playoff Eropa jika mereka sebelumnya gagal finis menjadi juara Grup atau runenr Up grup di babak kualfikasi Eropa. Tapi Jika sang juara Divisi ini telah lolos via Kualifikasi Eropa (finis sebagai juara grup atau runner up di babak kualfikasi Piala Eropa), maka posisi mereka akan digantikan oleh peringkat divisi yang lebih rendah atau tim terbaik berikutnya di bawah mereka.

Lihat gambar di Twitter

Pembagian grup tiap divisi dan jadwal kualifikasi di pertandingan pertama

Grup A1: Jerman, Prancis, Belanda
Grup A2: Belgia, Islandia, Swiss
Grup A3: Portugal, Italia, Polandia
Grup A4: Inggris, Spanyol, Kroasia

Grup B1: Ceko, Ukraina, Slovakia
Grup B2: Rusia, Turki, Swedia
Grup B3: Irlandia Utara, Bosnia-Herzegovina, Austria
Grup B4: Denmark, Republik Irlandia, Wales

Grup C1: Albania, Israel, Skotlandia,
Grup C2: Finlandia, Hungaria, Estonia, Yunani
Grup C3: Slovenia, Bulgaria, Norwegia, Siprus
Grup C4: Rumania, Serbia, Lithuania, Montenegro

Grup D1: Kazakhstan, Georgia, Latvia, Andorra
Grup D2: Belarusia, San Marino, Luksemburg, Moldova
Grup D3: Azerbaijan, Kosovo, Kepulauan Faroe, Malta,
Grup D4: Armenia, Liechtenstein, Gibraltar, Makedonia

Pertandingan pertama (Matchday 1)

Kamis, 6 September 2018

Divisi A
Grup A1: Jerman vs Prancis

Divisi  B
Grup B1: Republik Ceko vs Ukraina
Grup B4: Wales vs Irlandia

Divisi C
Grup C3: Slovenia v Bulgaria (20:45), Norwegia vs Siprus

Divisi D
Grup D1: Kazakhstan vs Georgia, Latvia vs Andorra
Grup D4: Armenia vs Liechtenstein, Gibraltar vs Makedonia

Jumat 7 September 2018

Divisi A
Grup A3: Italia vs Polandia

Divisi B
Grup B2: Turki vs Rusia

Divisi C
Grup C1: Albania vs Israel
Grup C4: Lithuania vs Serbia, Rumania vs Montenegro

Divisi  D
Grup D3: Azerbaijan v Kosovo, Kepulauan Faroe vs Malta

Sabtu, 8 September 2018

Divisi A
Grup A2: Swiss vs Islandia
Grup A4: Inggris vs Spanyol

Divisi B
Grup B3: Irlandia Utara vs Bosnia-Herzegovina

Divisi C
Grup C2: Finlandia vs Hungaria, Estonia vs Yunani

Divisi D
Grup D2: Belarusia vs San Marino, Luksemburg vs Moldova