Resmi ke Liverpool, Alisson Becker Kiper Termahal di Dunia

Resmi ke Liverpool, Alisson Becker Kiper Termahal di Dunia

Agen bola online _ LIVERPOOL – Liverpool akhirnya merampungkan kepindahan Alisson Becker dari AS Roma setelah kedua belah pihak sepakat dengan biaya transfer 66,8 juta poundsterling atau sekira Rp1,2 triliun. Kiper asal Brasil itu bakal menetap di Anfield selama enam tahun setelah menandatangani kontrak hingga 2024 mendatang.

Mengenai biaya transfer sebenarnya masih simpang siur. Pasalnya, dari beberapa laporan menyebut jika Roma mau melepas kiper andalannya di bursa transfer musim panas 2018/2019 dengan biaya sebesar 75 juta euro (66,8 juta poundsterling).
Baca juga : Tiga Kiper Harga Miring yang Gagal Direkrut Liverpool
Tetapi salah satu sumber di Anfield seperti dikutip dari Liverpool Echo, Jumat (20/7/2018), menyebut bahwa biaya transfer Alisson sebesar 65 juta poundsterling. Terlepas dari pro dan kontra mengenai biaya transfer tersebut, kiper berusia 25 tahun itu tercatat sebagai penjaga gawang dengan rekor biaya transfer termahal di dunia.
Resmi ke Liverpool, Alisson Becker Kiper Termahal di Dunia
Alisson sukses menggulingkan rekor transfer kiper termahal dunia Gianluigi Buffon dari Parma ke Juventus pada 2001, yang telah bertahan selama 17 tahun. Dia diperkirakan akan menjadi pemain terakhir Klopp yang digaet pada bursa transfer musim panas ini. Sejauh ini The Reds sudah mendatangkan tiga pemain yakni Naby Keita, Fabinho dan Xherdan Shaqiri.
Resmi ke Liverpool, Alisson Becker Kiper Termahal di Dunia
Setelah resmi diumumkan sebagai pemain baru Liverpool, Alisson melakukan sesi wawancara pertamanya dan berbicara mengenai beberapa topik seputar tujuannya di masa depan. Pernyataan pertama yang didapat yakni dia merasa senang lantaran mimpinya untuk mengenakan jersey di klub elite Eropa menjadi kenyataan.

“Saya benar-benar bahagia, itu adalah mimpi yang menjadi nyata untuk mengenakan jersey bergengsi untuk klub yang memiliki kebiasaan untuk selalu menang. Dalam hal kehidupan dan karier saya, ini adalah langkah besar bagi saya menjadi bagian dari klub ini dan keluarga ini. Anda dapat meyakini bahwa saya akan memberikan semuanya,” ungkap Alisson dalam wawancara pertamanya seperti dikutip dari laman resmi klub.

Alisson memiliki catatan ciamik selama tampil di AS Roma musim lalu. Dia hanya kebobolan sebanyak 28 gol di kompetisi domestik (Liga Italia). Tetapi berdasarkan data xG Opta (tendangan ke gawang), rata-rata Alisson seharusnya sudah kebobolan 36 gol.

Alisson juga telah membuat 46 kali penyelamatan gemilang selama tampil di Liga Champions 2017/2018. Setidaknya 14 lebih banyak ketimbang kiper lain.

Berikut Daftar Kiper Termahal di Dunia

Alisson Becker – 75 juta euro (Dari AS Roma ke Liverpool, 2018)
Gianluigi Buffon – 53 juta euro (Dari Parma ke Juventus, 2001)
Ederson Moraes – 40 juta euro (Dari Benfica ke Manchester City, 2017)
Manuel Neuer – 30 juta euro (Dari Schalke 08 ke Bayern Muenchen, 2011)
Jordan Pickford – 28,5 juta euro (Dari Sunderland ke Everton, 2017)
Francesco Toldo – 26,5 juta euro (Dari Fiorentina ke Inter Milan, 2001)
Bernd Leno – 25 juta euro (Dari Bayer Leverkusen ke Arsenal, 2018)
David De Gea – 25 juta euro (Dari Atletico Madrid ke Manchester United, 2011)
Alex Meret – 22 juta euro (Dari Udinese ke Napoli, 2018)
Sebastian Frey – 21 juta euro (Dari AS Roma ke Parma, 2006)