Bayern Percaya, Niko Kovac Pelatih Masa Depan

Bayern Percaya, Niko Kovac Pelatih Masa Depan

Agen bola online _ MUNICH – Niko Kovac resmi menggantikan Jupp Heynckes sebagai pelatih Bayern Muenchen musim depan. Pelatih asal Kroasia yang kini masih menangani Eintrach Frankfurt itu menyetujui kontrak tiga tahun.

Bayern yang tengah memburu Treble musim ini kembali menggunakan tenaga Heynckes yang sempat pensiun, untuk menggantikan Carlo Ancelotti yang dinilai gagal, pada Oktober. Pelatih berusia 72 tahun itu bekerja hingga akhir musim dan menolak perpanjangan kontrak saat ini.
Baca juga : Courtois Dilamar PSG, Begini Kata Conte
“Niko Kovac akan menjadi pelatih baru mulai 1 Juli 2018,” kata Direktur Olahraga Bayern, Hasan Salihamidzic dalam sebuah pernyataan, Jumat (13/4/2018), seperti dilansir Reuters. “Kami sepakat dengan kontrak tiga tahun.”

“Sebelum ini Niko adalah pemain Bayern, dia tahu orang-orang yang pantas mengemban tugas sebagaimana dia paham struktur dan DNA klub. Kami yakin dia adalah pelatih yang tepat untuk masa depan Bayern.”

Kovac, 46 tahun, memiliki karier bermain yang panjang di Bundesliga. Dia berkostum Bayern dari 2001 hingga 2003. Kovac bergabung dengan Eintracht Frankfurt sebagai pelatih pada 2016, dan memiliki kontrak hingga 2019, dengan biaya transfer yang dilaporkan lebih dari dua juta euro (Rp34 miliar).

Setelah pensiun sebagai pemain, Kovac sempat menjadi asisten pelatih di Austria. Dia kemudian mengambil alih timnas Kroasia pada 2013 selama dua tahun sebelum menandatangani kontrak dengan Eintracht Frankfurt yang terancam degradasi pada 2016 dan mengubahnya menjadi pesaing Liga Champions musim ini.

Keputusan menunjuk Kovac menandai perubahan pendekatan untuk Bayern, yang sebelumnya memilih pelatih-pelatih besar dan sukses, termasuk pemenang Liga Champions Heynckes, Louis van Gaal, dan Pep Guardiola.

Seperti ketika Guardiola menggantikan Heynckes pada 2013, Kovac berpotensi mulai bekerja setelah kampanye treble-winning dengan Bayern, yang sejauh ini telah mengamankan gelar Bundesliga, gelar liga keenam berturut-turut.

Mereka juga lolos ke babak empat besar Liga Champions di mana mereka akan menghadapi Real Madrid dan menghadapi Bayer Leverkusen di semifinal Piala Jerman (DFB Pokal) pekan depan.

“Saya menerima panggilan (dari Bayern) kemarin dan mendapat tawaran kontrak,” kata Kovac kepada wartawan. “Saya menerimanya. Saya memberi tahu tim pagi ini. Tapi ada satu hal yang penting, dan bukan saya. Yakni apa yang akan terjadi dengan Eintracht dalam beberapa pekan mendatang.”

Eintracht berada di tempat kelima klasemen Bundesliga dengan lima pertandingan tersisa, dua poin dari Leverkusen di tempat keempat. Empat tim teratas lolos ke fase grup Liga Champions musim depan.